Media Sosial Kami :
Dinas Kesehatan
Kota Bogor
Training Alat PCR Workstation
Training Alat PCR Workstation
22 January 2021

Kota Bogor adalah adalah kota pertama di Indonesia yang menerima hibah 1 unit Mobile Bio Safety Laboratorium 2 (Mobile BSL-2) yang dikembangkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam rangka membantu meningkatkan pemeriksaan spesimen Covid-19 di wilayah Kota Bogor. Proses penyerahan telah dilaksanakan pada hari Senin, 11 Januari 2021 oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Bambang PS Brodjonegoro) kepada Walikota Bogor ( Bima Arya S).

Dalam upaya operasional Mobile BSL-2, Pemerintah Kota Bogor dan Satgas Covid-19 Kota Bogor menyiapkan fasilitas terkait penyiapan reagen dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya tenaga laboratorium ataupun kesehatan agar pengujian dapat berjalan dengan maksimal.

Menindaklanjuti hal diatas, pada hari Kamis sd Jum’at, 21 dan 22 Januari 2021 Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan pelatihan terhadap kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penggunaan dan pemeliharaan/maintenance Mobile BSL-2. Pelatihan hari pertama tanggal 21 Januari 2021 bekerjasama dengan Genecraft melakukan training untuk alat PCR workstation dan training utility sistem AC . Pelatihan melibatkan tim Labkesda yang akan langsung menggunakan  dan melakukan pemeliharaan Mobile BSL 2.

Hari ke-2, tanggal 22 Januari 2021 bekerjasama dengan Enigma melakukan pelatihan terkait penggunaan alat RT-PCR dan minicentrifuge. Peserta yang terlibat adalah 15 orang yang terdiri dari 6 karyawan Labkesda dan 9 karyawan dari puskesmas yang telah memenuhi kualifikasi. Pelatihan meliputi proses persiapan, penerimaan sampel/specimen, pemeriksaan sampel/specimen sampai dengan hasil keluar. Kapasitas alat RT-PCR bisa memeriksa sampel/ specimen sebanyak 94 sampel setiap running.

Setelah dilaksanakan pelatihan kepada tim terkait, maka kualitas SDM yang terlibat semakin meningkat sehingga kualitas pengujian maksimal. Menurut informasi dr. Selamat Djaya selaku Kepala UPT Labkesda, Mobile BSL 2 baru bisa beroperasi setelah keluar uji lulus dari BPPT dan diperkirakan sekitar pertengahan bulan Februari 2021.

Harapannya dengan fasilitas ini dapat membantu pemerintah Kota Bogor terutama dalam melakukan 3T (tracing,testing,treatment) dan meningkatkan kapasitas pengujian sampel tes swab di Kota Bogor.

#tetaplaksanakanprokes5M
#disiplinkitavaksinkita
#lawancoviddenganvaksin
#vaksinamanmasyarakatsehat