Dinas Kesehatan
Kota Bogor
Peluncuran Aplikasi BOGOR SMART HEALTH – Satu Data Kesehatan Kota Bogor
Peluncuran Aplikasi BOGOR SMART HEALTH – Satu Data Kesehatan Kota Bogor
Foto Peluncuran Aplikasi BSMART HEALTH
28 July 2022

Selasa (26/07/2022), Dinas Kesehatan Kota Bogor melalui Sekretariat Dinas Kesehatan ,meresmikan peluncuran Aplikasi Satu Data Kesehatan Bogor Smart Health (B-Smart Health) , diresmikan oleh Bapak Walikota Bogor, Wakil Ketua II DPRD Kota Bogor, Pimpinan Cabang BJB Bogor dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor. Dihadiri 150 Peserta terdiri dari Kepala Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik, Organisasi Kesehatan dan Perwakilan dari Bank Indonesia .

Sumber data dan informasi kesehatan tidak hanya berasal dari Dinas Kesehatan saja, namun juga berasal dari stakeholder lain, di antaranya fasilitas kesehatan, organisasi profesi kesehatan, institusi Pendidikan yang melakukan penelitian kesehatan, SKPD dan institusi lain. Dengan tersedianya data kesehatan yang terintegrasi,  diharapkan dapat meningkatkan kinerja Dinas Kesehatan dalam pelayanan kesehatan, pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan dan tata Kelola pemerintahan. Selain itu juga diharapkan dapat bermanfaat bagi stakeholder terkait dan masyarakat yang memerlukan data kesehatan.  Adanya dashboard data Kesehatan riil time dapat menggambarkan situasi Kesehatan dan selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dan kebijakan oleh para pimpinan.

Dalam pengembangan Bogor Smart Health ini, kami juga berkolaborasi dengan BJB yang memberikan bantuan anggaran untuk pembangunan dan pengembangan single window Bogor Smart Health dan juga untuk pembuatan ruang data di Dinas Kesehatan. Pada kesempatan kali ini akan dilaksanakan penyerahan dana bantuan dari BJB tersebut.

Salah satu bagian dari pelayanan Kesehatan cerdas, diterapkan layanan transaksi non tunai dengan menggunakan QRIS, bekerjasama dfengan BJB.  Layanan ini sudah dilaksanakan di 25 puskesmas dan Labkesda Kota Bogor.  Pada hari ini juga disampaikan sosialisasi dari Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat tentang Urgency Digitalisasi Pembayaran Biaya Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Swasta yang dilanjutkan dengan Sosialisasi QRIS dan produk layanan keuangan digital dari BJB Cabang Bogor.

Penyusunan Master Plan Sistem Informasi Kesehatan dan integrasi data Kesehatan dalam single window data kesehatan  BOGOR SMART HEALTH – Satu Data Kesehatan. Di dalamnya meliputi seluruh data dan informasi tentang Kesehatan, meliputi :

  • Regulasi Kesehatan
  • Publikasi data dan Informasi
  • Layanan Kesehatan
  • Fasilitas Kesehatan
  • Berita Kesehatan
  • Penelitian Kesehatan
  • Dashboard Data Kesehatan
  • Event Kesehatan
  • Organisasi Profesi Kesehatan
  • Aplikasi Kerja Digital

Aplikasi BOGOR SMART HEALTH – Satu Data Kesehatan masih dalam tahap pengembangan dan uji coba, yang nantinya akan terus mengalami perbaikan dari setiap menu dan disesuaikan oleh kebutuhan yang ada, bagi sobat sehat yang penasaran dengan aplikasi ini dapat mengunjungi link berikut (https://dinkes.kotabogor.go.id/).