Program Kerja Dinas Kesehatan Tahun 2018

1. Kegiatan Sekretariat Sebagai Berikut:

• Pembenahan Analisa Jabatan (Anjab ABK) seluruh Karyawan Dinas Kesehatan Kota Bogor
• Sosialisasi dan Implementasi Transaksi Non Tunai (TNT) 
• Penguatan dan refreshing pengelolaan keuangan bagi Bendahara Dinkes dan Bendahara BOP,JKN dan BOK Puskesmas
• Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) 
• LAKIP, LPPD, LKPJ Tahunan
• DLL


2. Kegiatan Bidang Pelayanan Kesehatan Sebagai Berikut:

• Sosialisasi dan Implementasi PIS-PK (Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga) dengan 12 Indikator.
• BAS (Bogor Anjang Sehat), kunjungan rumah ke setiap keluarga dengan konsep Perkesmas.
• Giat Cinta Bogor, Kegiatan cipta inovasi Puskesmas Kota Bogor untuk layanan kesehatan yang lebih baik dan bermutu.
• Akreditasi Puskesmas (Pusk. Bogor Tengah, Merdeka, Pasirmulya,Sindang Barang, Warung Jambu, Semplak dan Sempur)
• Pemeriksaan Kesehatan dan Tes Kebugaran CJH
• Percepatan UHC (Universal Health Coverage) dalam JKN
• DLL


3. Kegiatan Bidang Kesehatan Masyarakat Sebagai Berikut:

Seksi Kesehatan Keluarga :

• Bulan Pemantauan Bumil 
• Bulan Kesehatan Lansia
• Bulan Pemantauan Tumbang balita 
• Program EMAS Tahun ke-3 (RS. PMI, Pusk. Warung Jambu, Kedung Badak, Sempur, Gang Kelor, Pancasan,Klinik Pelita Sehat)
• Penjaringan Kes. Anak Sekolah
• Lomba Sekolah Sehat
• DLL 
 

Seksi Gizi :

• Seminar ASI 
• Pembentukan Kelompok Pendukung ASI
• Sosialisasi Ruang Laktasi
• Sosialisasi anemia untuk linsek dan Kepsek
• Pemberian PMT utk bayi/balita, HIV,cancer dan Tb MDR
• Pembinaan Posyandu lomba dengan metode Zimba
• Monitoring Buan penimbangan balita dan Vit A
• DLL 
 

Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat :

• Revisi Perda Perda KTR sekaligus penguatan implementasi KTR di Kota Bogor(Tipiring, Sidak KTR, dll) 
• Kampanye Smoke Free Generation
• Pengembangan dan Penguatan UKBM di masyarakat
• Penguatan Implementasi GERMAS di berbagai Tatanan
• Pemberian stimulan operasional Posyansu, Posbindu, Kel.RW Siaga
• Mengkoordinasikan Lomba-lomba di Wilayah (Tk Kota dan Provinsi)
• Mengkoordinasikan Layanan Mobil Curhat
• Peningkatan GERMAS
• DLL 


4. Kegiatan Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Sebagai Berikut:

Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular dan Surveilans :

• TB Day, Temukan Tersangka TB oleh Kader Kesehatan 
• Bulan Imunisasi, Pelatihan Imunisasi Bagi Kader
• Gerakan Ketuk Pintu Penyakit Menular
• HIV : Suluh, Temukan, Obati
• DLL

Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja :

• Transwalk sisir sungai untuk melihat buangan akhir septik tank menuju Bogor ODF, pemicuan STBM
• Lomba Kantor bersih dan sehat
• Uji mutu kualitas air minum PDAM, non PDAM, DAM
• Gerakan peduli makanan sehat ( polisi peduli makanan sehat, sertifikasi jasa boga rumah makan, kantin sekolah, uji kualitas makanan pasar)
• Gerakan TTU sehat ( pasar sehat, tempat ibadah sehat, terminal sehat,dll)
• Gerakan pekerja sehat dan produktif 
• DLL 
 

Seksi Penanggulangan Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa dan Kesehatan Olah Raga :

• Jalan sehat OPD bersama masyarakat dan OPD secara berkala (SSA)
• Deteksi dini faktor resiko PTM (IVA-CBE, jantung, hipertensi, diabetes)
• Penambahan dan penguatan Posbindu PTM dengan Posbindu PTM Kit.
• DLL 
 

5. Kegiatan Bidang Sumber Daya Kesehatan Sebagai Berikut:

Seksi Informasi Kesehatan dan Hubungan Masyarakat :

• Penguatan dan Pengembangan e-SIR (Sistem Informasi Rujukan elektronik) 
• Penguatan dan Pengembangan SIMPUS (Sistem Informasi Puskesmas)
• Implementasi e-Profil Kesehatan
• Pengelolaan Data Kesehatan (Komdat,Simpatik, SIPD, Bogor dalam Angka)
• Kemitraan dengan Media
• DLL 
 

Seksi Perbekalan Kesehatan dan POM :

• Pengadaan dan distribusi obat
• Pembinaan keamanan pangan untuk industri rumah tangga pangan kemasan
• Pemberian sertifikasi PIRT
• Pengawasan obat makanan secara berkala integrasi lintas sektor
• DLL 
 

Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) :

• Rekrutmen tenaga kesehatan non PNS/PKWT)
• Uji Kompetensi tenaga kesehatan
• Penguatan organisasi profesi kesehatan
• Penguatan kerjasama Dinkes dengan instansi pendidikan kesehatan 
• DLL