Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Studi Tiru KTR Dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor

-dinas-kesehatan-kabupaten-tapanuli-studi-tiru-ktr-dengan-dinas-kesehatan-kota-bogor.jpg

Pemerintah Kota Bogor memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang menjadi payung hukum untuk mengatur penetapan kawasan bebas asap rokok.

Kawasan itu diantaranya tempat umum, tempat ibadah, tempat bermain dan berkumpulnya anak-anak, kendaraan atau angkutan umum, lingkungan tempat proses belajar mengajar, sarana kesehatan dan sarana olahraga.

Dinas Kesehatan Kota Bogor menerima kunjungan dari Tim Studi Tiru Dinas Kesehatan Kab.Tapanuli Utara terkait Raperda KTR, di Aula Dinkes Kota Bogor, Jumat (2/8/2019). Pada acara tersebut menyampaikan materi KTR dari segi sosialisasi, anggaran hingga hambatan mengenai KTR.

Iklan display sponsorship merupakan tantangan bagi Dinas Kesehatan Kota Bogor karena di dominasi oleh sponsor rokok “salah satu contohnya yaitu PBSI Kota Bogor yang memasang papan reklame Djarum Foundation, ya walau itu foundation, tetap saja masyarakat taunya itu produk rokok sehingga masyarakat sekitar yang konsisten mengenai KTR menyampaikan masalah tersebut dan ditindak lanjuti oleh walikota” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Erna Nuraena

Pemerintah Kota Bogor secara konsisten menyukseskan program KTR dalam menurunkan jumlah reklame produk rokok di berbagai ruas jalan di Kota Bogor.

“event tersebut (PBSI Kota Bogor) diberi pilihan untuk pindah tempat atau membuang atribut dari sponsor rokok, pada akhirnya event tersebut memilih pindah” lanjut dr. Erna Nuraena

Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut serta dalam penerapan KTR seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Bappenda, Dinas Pendidikan, Kejaksaan yang setiap hari rabu menyempatkan untuk fokus pada KTR, dan Dinas Kesehatan.

Editor : Humas

Share On : Twitter Facebook Google+